MGMP Matematika Zona 1 (Pembelajaran Coding)
Rabu, 01 Oktober 2025
Bertempat di Lab. IT SMP Negeri 1 Banyuglugur telah dilaksanakan kegiatan rutin MGMP Matematika Zona 1. Acara dimulai oleh arahan narasumber MGMP Matematika Ibu. Yulia Sasmika, S. Pd yang pada sambutannya memberikan semangat kepada guru2 untuk selalu aktif dalam kegiatan tersebut dan mengetuk tularkan ilmunya kepada teman sejawat di sekolah masing-masing. Disamping itu, dilanjutkan membahas tentang Soal-soal TKA Matematika tingkat SMP oleh guru agar pembelajaran didalam kelas lebih aktif, efektif dan menyenangkan serta mudah dalam menjelaskan bahkan memberikan soal kepada murid.
Pada kesempatan kali ini Ibu Siti Rahmawati, S.Pd selaku guru Matematika di SMPN 4 Mlandingan Satu Atap juga ikut hadir dalam kegiatan tersebut. beliau berperan aktif dalam kegiatan MGMP dengan pada pertemuan kali ini yang diadakan di SMPN 1 Banyuglugur beliau ditunjuk sebagai pemateri untuk menyampaikan materi tentang TKA (Tes Kemampuan Akademik).
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap karakteristik soal-soal TKA yang sering muncul dalam ujian seleksi masuk perguruan tinggi seperti SNBT, serta mengembangkan kemampuan menyusun soal yang setara secara kualitasChatGPT
Log in
You said:
Tolong buatkan cerita tentang kegiatan MGMP Matematika yang membahas soal-soal TKA
ChatGPT said:
Berikut adalah contoh cerita tentang kegiatan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Matematika yang membahas soal-soal TKA (Tes Kemampuan Akademik), disusun dalam bentuk narasi kegiatan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap karakteristik soal-soal TKA yang sering muncul dalam ujian seleksi masuk perguruan tinggi seperti SNBT, serta mengembangkan kemampuan menyusun soal yang setara secara kualitas.Sesi Inti: Bedah Soal TKA.
Sesi utama diisi oleh Ibu Yulia Sasmika S.Pd., seorang narasumber sekaligus guru di SMPN 1 Banyuglugur . Beliau memaparkan secara mendalam mengenai ciri-ciri soal TKA Matematika, yang lebih menekankan pada: Pemahaman konsep mendalam, bukan hafalan rumus, Penalaran logis dan numerik, Kemampuan menyelesaikan masalah dalam konteks kehidupan nyata.
Para peserta kemudian dibagi menjadi kelompok kecil untuk mendiskusikan 15 soal TKA yang telah dibagikan sebelumnya. Setiap kelompok menganalisis soal dari segi tingkat kesulitan, kompetensi yang diukur, dan strategi penyelesaiannya.
Diskusi berlangsung sangat interaktif. Beberapa guru saling bertukar pengalaman mengajar, berbagi trik-trik mengerjakan soal cepat, dan bahkan menyusun kembali soal dengan variasi yang lebih menantang namun tetap sesuai indikator.